Imad-Choky

==========================================================
Jumat, 30 Oktober 2009
Imad, Calon Ketua BEM UI 2010
maduddin Abdullah, begitu nama lengkapnya. Mahasiswa jurusan ilmu Hubungan Internasional FISIP UI angkatan 2006 ini lahir di Banda Aceh, pada tanggal 1 September 1988. Sejak kecil, Imad bukanlah seorang anak yang banyak bicara. Sebaliknya, ia justru terbilang sebagai seorang anak lelaki yang pendiam.
Sejak SMA, Imad mulai mengikuti kegiatan organisasi di sekolahnya. Saat itu, ia tercatat sebagai salah seorang anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di sekolahnya, SMAN 5 Bogor. Kegiatan organisasi yang diikutinya membantu dirinya menjadi lebih percaya diri dan komunikatif saat bertemu dengan orang lain. Walau demikian, saat masih duduk di bangku SMA, Imad termasuk seorang siswa yang “sekolah-pulang, sekolah-pulang”.
Selepas dari SMA-nya, Imad kini mengenyam pendidikan di jurusan Hubungan Internasional FISIP UI. Semenjak saat kuliah inilah Imad bertekad untuk menjadi seorang yang lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Hal tersebut memicu Imad untuk bergabung dengan BEM UI pada tahun 2007. Saat itu Imad bergabung menjadi staf Pusat
Kajian dan Studi Gerakan (Pusgerak) BEM UI. Karena memiliki rekam jejak yang cukup baik, pada tahun 2008 Imad diangkat menjadi Deputi Pusgerak BEM UI, dan pada tahun 2009 ia menjadi Koordinator Bidang Pusgerak BEM UI.
Pengalaman Imad yang sudah menjadi pengurus BEM UI selama tiga tahun membuatnya sangat mencintai BEM UI. Selain itu, pengalaman tiga tahun tersebut menjadikan Imad tahu seluk-beluk BEM UI selama ini, sehingga mengetahui permasalahan-permasalahan pada BEM UI yang harus segera dibenahi, untuk mewujudkan BEM UI yang dirasakan keberadaan dan kebermanfaatannya oleh mahasiswa UI khususnya serta mewujudkan BEM UI yang lebih berwarna. Pengalaman Imad selama tiga tahun Imad di BEM UI tidak hanya membuatnya tahu seluk-beluk BEM UI, tetapi juga membuktikannya sebagai seorang yang loyal. Seorang yang benar-benar telah melangkahkan jejaknya di BEM UI mulai dari staf, bukan tiba-tiba menjadi pemimpin BEM UI “karbitan”. Kecintaan dan keloyalannya pada BEM UI disertai pengalaman yang membuatnya lebih mengerti tentang BEM UI, semakin lengkap dengan catatan akademis yang terbilang baik. Perihal menjadi Ketua BEM UI 2010, Imad siap, bukan disiapkan.
Jika Imad terpilih sebagai BEM UI 2010, ia memiliki prinsip untuk mengajak semua ‘golongan mahasiswa’ yang ada di UI untuk berkontribusi kepada mahasiswa UI dan lingkungan sekitarnya melalui BEM UI. Imad bukanlah seorang partisan dari golongan tertentu. Hal tersebut menjadikannya tidak akan memilih-milih anggota dari golongan tertentu untuk menjadi pengurus di organisasi yang akan dipimpinnya. Itu berarti, apakah sosialis, pancasilais, fundamentalis, liberalis atau paham-paham lainnya yang dianut, tidak menjadi masalah bagi Kamu jika ingin menjadi pengurus BEM UI, asalkan mengutamakan niat, komitmen, dan kesungguhan untuk berkontribusi. Seorang anak yang pendiam di masa kecilnya, seorang remaja yang kurang peduli dengan lingkungan sekitar pada masa SMA-nya, kini secara perlahan justru menjadi seseorang yang berupaya untuk terus menyumbangkan banyak pikiran dan tenaganya untuk kebaikan masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Ya, Imad adalah seseorang yang mengalami tahapan kemajuan dalam hidupnya, seseorang selalu yang berusaha untuk menjadi lebih baik. Seorang yang progresif.


Jumat, 30 Oktober 2009
Choky, Calon Wakil Ketua BEM UI 2010
hoky Risda Ramadhan, nama yang sudah tak asing lagi di kalangan atlet UI, khususnya atlet basket. Mahasiswa Fakultas Hukum UI kelahiran Tangerang, 7 Mei 1988 ini sudah menggemari olahraga sejak kecil, terutama basket dan sepakbola. Kegemaran dan kehebatannya dalam bermain basket menjadikan mantan ketua ekstrakurikuler basket SMAN 112 Jakarta ini pernah menjuarai beberapa turnamen basket bersama timnya sejak masa SMA.
Beranjak kuliah, selain tergabung dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) CEDS (Center for Enterpreneurship Development and Studies) UI, Choky juga melanjutkan pengembangan minat dan bakatnya dalam bidang olahraga. Ia bergabung dengan klub basket Fakultas Hukum UI (Recht Basketball Club FHUI), klub sepakbola Fakultas Hukum UI (Recht Football Club FHUI), dan Anggota Unit Kegiatan Olahraga Basket UI. Tidak hanya piawai bermain, Choky juga memiliki perhatian yang sangat besar terhadap pengembangan minat dan bakat di fakultasnya. Perhatiannya yang besar terhadap klub basket di Fakultas Hukum tersebut , selain pernah membuatnya terpilih sebagai Ketua Recht Basketball Club FHUI, juga menjadikannya dipercaya untuk menjadi Kepala Divisi Pemberdayaan BSO BEM FH 2008-2009.
Perhatiannya dalam bidang minat dan bakat bukan berarti Choky tak peduli dengan pergerakan mahasiswa dalam bidang sosial dan politik. Choky adalah Wakil Ketua BEM Fakultas Hukum UI 2009. Hal tersebut menjadikannya lebih banyak belajar dan berpengalaman lagi untuk bergerak di bidang sosial dan politik, selain dalam bidang pengembangan minat dan bakat. Dengan pengalaman segudangnya ini, program BEM UI 2010 untuk memajukan berbagai UKM se-UI menjadi lebih kredibel karena pemimpinnya memang benar-benar memahami persoalannya. Inilah saatnya, pergerakan mahasiswa UI dalam bidang sosial dan politik maju bersama dengan pergerakan mahasiswa dalam bidang minat dan bakat.
Diluar berbagai kelebihannya di bidang minat dan bakat serta organisasi, peserta International Youth Conference 2009 ini juga memiliki prestasi akademis. Ia baru saja menjadi finalis Kompetisi lmiah Mahasiswa Tingkat Nasional, yang diselenggarakan oleh LK2 FHUI. Selain itu, gerakan dalam bentuk tulisan pun kerap kali ia lakukan, seperti tulisannya yang berjudul Mahasiswa Sebagai Pengawas yang Independen yang pernah dimuat di harian Seputar Indonesia. Satu lagi pergerakan mahasiswa yang menjadi perhatian Choky, yakni pergerakan dalam bidang lingkungan (green movement). Saat ini, Choky tercatat sebagai anggota sebuah NGO (Non Government Organization) yang bergerak dalam bidang lingkungan yang bernama Environment Challenge Organization (ECO) Indonesia. Choky pun pernah mewakili pemuda Indonesia dalam World Leadership Conference 2009, sebuah konferensi antar pemuda dari seluruh dunia yang bertekad mewujudkan lingkungan yang jauh lebih baik, yang tahun ini diadakan di Singapura. Perhatian Choky yang besar terhadap permasalahan lingkungan hidup ini menjadi relevan untuk mewujudkan BEM UI Green Office yang selain ditujukan untuk berkontribusi dalam menjaga bumi, juga untuk menunjukkan bahwa BEM UI tidak hanya menuntut pemerintah atau birokrat saja, melainkan juga memimpin dengan contoh.