Liga Mahasiswa

Liga Mahasiswa (LIMA) merupakan organisasi privat yang didirikan pada 15 Mei 2012. LIMA memiliki maksud dan tujuan untuk menciptakan wadah yang mampu menjadi tempat berkarya bagi para mahasiswa maupun mahasiswi di Indonesia di bidang olahraga.
Liga Mahasiswa atau LIMA merupakan organisasi independen yang berdiri di atas tiga pilar utama, yaitu Athleticsm, Education, dan Social Responsbility. Athleticism merupakan pilar pertama LIMA yang merupakan gambaran dari salah satu tujuan LIMA sebagai organisasi, yaitu memberi kontribusi sebaik-baiknya dalam bidang olahraga.
Athleticism diterjemahkan ke dalam setiap cabang olahraga yang diadakan LIMA dan melalui cabor-cabor tersebut para peserta dimotivasi untuk dapat belajar menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, seperti mengakui keunggulan orang lain, jujur, disiplin, serta kuat secara mental.
Education adalah pilar kedua LIMA yang mengacu pada konsep student-athlete (atlet pelajar) yang diyakini LIMA. Konsep ini berarti mahasiswa didorong untuk tidak hanya kuat secara fisik, tetapi juga pintar secara akademis. Hal ini diimplementasikan dalam aturan baku LIMA, yaitu setiap peserta liga harus memiliki setidaknya indeks prestasi kumulatif (IPK) minimun 2,00 untuk bisa ikut serta. Peraturan ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi para peserta LIMA untuk tetap mempertahankan nilai akademisnya dan mengajarkan mereka agar dapat menyeimbangkan kehidupan olahraga tanpa harus meninggalkan pendidikannya.
Menjadi kuat dan pintar tidak lengkap tanpa adanya Social Responbility yang merupakan landasan ketiga dari LIMA. Kepedulian sosial ini diaplikasikan dengan diharuskannya para peserta LIMA untuk ikut dalam aksi sosial selama minimal enam jam sebagai persyaratan untuk menjadi peserta LIMA. Aksi sosial ini diharapkam mampu menumbuhkan rasa empati dan simpati para peserta terhadap lingkungannya. Membuat mereka lebih peduli terhadap apa yang terjadi di sekitar.
Liga Mahasiswa tidak hanya terfokus pada kesuksesan penyelenggaran kompetisi, namun juga memperhatikan aspek pengembangan olahraga di level perguruan tinggi. Salah satu bentuk kepedulian Liga Mahasiswa terhadap aspek tersebut adalah dengan mengadakan program kegiatan yang melibatkan peran aktif mahasiswa sebagai pendukung kegiatan tersebut, sehingga akan meningkatkan kepedulian dan kebanggaan terhadap almamater perguruan tinggi yang berkompetisi di Liga Mahasiswa.

VISI
Menjadi salah satu liga (komunitas/perkumpulan) mahasiswa terbesar dalam bidang olahraga se-Indonesia dengan selalu mengusung konsep edukasi dan sosial di setiap kegiatannya.

MISI
1. Memberi kontribusi di bidang olahraga melalui serangkaian kompetisi olahraga dengan mengadakan event olahraga tahunan yang berkualitas.
2. Mengadakan kegiatan untuk pengembangan olahraga Indonesia dengan mengadakan sosialisasi reguler tentang olahraga ke perguruan tinggi se-Indonesia dan pemangku kepentingan LIMA lainnya.
3. Mewujudkan kepedulian sosial melalui serangkaian kegiatan yang melibatkan para pemuda, khususnya mahasiswa.

Liga Mahasiswa berkeinginan untuk menjadi "jembatan" antara pendidikan dan olahraga, dengan mengenalkan konsep kompetisi olahraga yang melibatkan para student-athlete di Indonesia. Liga Mahasiswa memiliki lima kompetisi cabang olahraga, yaitu basket,badminton, futsal, renang dan golf.
( wikipedia)